Kamis, 06 Desember 2012

Kunci Belajar Fisika


Banyak siswa yang belum menyadari bagaimana cara belajar fisika yang benar, padahal fisika senantiasa dijumpai setiap siswa dalam kehidupan sehari-hari. Karena kurang menyadari bahwa fisika begitu dekat dengan kita, maka yang terjadi siswa kurang berprestasi dalam belajarnya. Parahnya lagi siswa benci terhadap pelajaran fisika. Bagi kalian yang i ingin sukses dan berprestasi dalam belajar fisika,l cobalah lakukan  langkah-langkah berikut ini :
  1. Senangi Pelajaran fisika
Perasaan senang akan menimbulkan motivasi yang kuat untuk belajar. Belajar fisika tanpa dilandasi rasa senang maka dalam diri kita akan timbul gaya tolak terhadap ilmu yang akan masuk, sehingga berapapun lama kita belajar maka kita tidak akan pandai fisika.
         2. Katakan "fisika itu mudah"
dengan berkata fisika mudah akan memberi sugesti 50 % untuk sukses. Bila kita berprasangka kalau fisika itu sulit, maka kita akan menemukan kebenaran bahwa fisika itu sulit, tetapi bila kita berprasangka bahwa fisika itu mudah, maka insya Alloh kita akan menemukan kebenaran bahwa fisika itu mudah.
          3. Jangan membenci guru fisikamu
benci terhadap guru fisika akan berimbas pada benci juga pada pelajarannya. Bagaimana kita akan bersemangat belajar fisika kalau lihat gurunya saja sudah tidak suka?
          4. Rumus fisika jangan dihafal, tetapi harus hafal
Usahakan hafal rumus fisika didapat karena seringnya menggunakan rumus tersebut untuk mengerjakan soal. Banyak siswa yang hafal rumus fisika karena menghafalkan, maka ketika ulangan dia tidak dapat menggunakan rumus itu untuk menyelesaikan soal tersebut.
           5. Teliti dalam memahami soal
Banyak konsep fisika yang tersirat dalam soal, dan kita tidak menyadarinya, sehingga sering tejadi perasaan siswa benar dalam mengerjakan soal tetapi nyatanya salah.
           6. Selesaikan soal fisika dengan "Smart"
Ibarat kita akan pergi ke suatu daerah, maka banyak jalan menuju ke daerah tersebut. Demikian juga banyak cara untuk dapat menyelesaikan soal fisika, maka pilihlah cara yang terpendek untuk menyelesaikannya, tanpa meninggalkan konsep awalnya

1 komentar: